Pantai Sadeng di Jogja / Yogyakarta Melegenda

Advertisement.
Pantai Sadeng di Jogja / Yogyakarta Melegenda - yoshiewafa - Lokasi wisata Pantai Sadeng Yogyakarta ini terletak di kawasan paling timur kab. Gunungkidul. Lebih tepatnya di Desa Songbanyu dan Pucung Kec. Girisubo yang berjarak sekitar 79 km dari Pusat kota Yogyakarta, pulau jawa, Indonesia. Letak Pantai Sadeng juga berbatasan dengan wilayah Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah.

Pantai Sadeng merupakan Objek wisata lokal yang sudah menjadi kebanggan dari masyarakat Gunungkidul, Pantai ini terbentuk dari proses alam yang membutuhkan waktu cukup panjang. Di kawasan ini juga terdapat Telaga Suling merupakan sebuah lembah yang diyakini oleh masyarakat sebagai muara dari sungai Bengawan Solo Purba dahulu kala.

Menurut penelitian dari pakar Geologi, Dahulunya Sungai Bengawan Solo mengalir dari hulu wilayah ini dari utara sampai bermuara di Pantai Sadeng. Akan tetapi sekitar empat juta tahun yang lali, sebuah proses alam terjadi. Lempeng Australia menancap di bawah Pulau Jawa, yang menyebabkan daratan Pulau Jawa menjadi terdesak dan perlahan-lahan terangkat. Akhirnya arus sungai tidak sanggup untuk melawan ketinggian dari hulu sungai itu sendiri, sampai pada akhirnya aliran air pun jadi berbalik ke arah utara, yang sampai saat ini masih mengalir sampai ke ujung utara kawasan Jawa Timur.
Pantai Sadeng Jogja
Foto Oleh : bernabeuarmy

Sekarang jalur hanya tinggal jejak yang sudah mengering karena tidak ada lagi air yang mengalir, dan sekarang menjadi sebuah ladang palawija yang produktif untuk masyarakat yang berada di sekitarnya. Di Kawasan ini banyak sekali bukit-bukit kapur, menurut beberapa penelitian, mulanya hanyalah karang-karang yang ada di bawah permukaan air laut.

Sebelum Anda tiba di Pantai Sadeng, Anda dapat menikmati rute alam dari pegunungan kapur yang sangat menantang dan eksotis. Keindahan pantai di kawasan Gunungkidul memang menawarkan banyak sekali keindahan alam dan pesona kecantikan yang masih alami. Di Pantai Sadeng, Anda dapat menyusuri bibir pantai yang berada di sebelah timur dan menuju sebuah gundukan pasir yang terletak di dekat mercusuar.

Pemandangan alam laut lepas akan lebih nampak jelas terlihat deburan ombaknya yang sangat besar. Tidak seperti pantai di kawasan Gunung Kidul pada umumnya, di Pantai Sadeng tidak banyak terdapat karang-karang raksasa yang membuat pandangan mata menjadi terhalang. Terkadang, Anda juga dapat melihat perahu nelayan yang sedang melaut. Sudah sejak lama pantai Sadeng dijadikan sebagai tempat tujuan wisata di Kab Gunungkidul. Bibir pantai ini berupa tebing karang yang terlihat indah dan cantik.

Tidak hanya sekedar tempat wisata, Pantai ini juga menjadi Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang sudah bertaraf nasional dan menjadi penunjang untuk pengembangan perikanan laut yang terbesar di Propinsi Yogyakarta. Di Pantai ini pengunjung dapat melihat aktifitas nelayan, ada yang sedang membersihkan perahu, mengangkut ikan dari perahu menuju tempat pelelangan, menggiling es batu untuk dimasukkan ke dalam kotak ikan sebelum didistribusikan ke tempat lain. Anda juga dapat menikmati masakan ikan laut atau jika Anda menginginkannya dapat membawa ikan laut segar untuk oleh - oleh dengan harga yang relatif terjangkau.

Hotel Murah di Jogja

Subscribe to receive free email updates: