Pantai Sundak di Jogja / Yogyakarta Cerita

Advertisement.
Pantai Sundak di Jogja / Yogyakarta Cerita - yoshiewafa - Masih di kawasan pantai di jogja / Yogyakarta, setelah dari perjalanan menuju Pantai Depok dan Pantai Congot, sekarang mari kita berjalan menuju Pantai Sundak berlokasi di Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Menurut cerita dari masyarakat sekitar nama dari Pantai Sundak berawal dari pertarungan antara seekor anjing dan landak.

Pertarungan ini terjadi karena ada seekor anjing yang sedang lapar kebetulan bertemu dengan seekor landak. Kemudian Landak itu dikejar dan sampai pada akhirnya jadi mangsa dari anjing kelaparan. Karena kejadian itu, Pemilik anjing sering menyebut pantai ini dengan nama sundak. Yang merupakan paduan dari "asu" bahasa jawanya anjing dan "landak" merupakan hewan yang berkulit duri.

Objek wisata alam pantai sundak cukup digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai Sundak juga menjadi salah satu tempat tujuan wisata alam andalan Pemerintah Kab. Gunungkidul. Karena menjadi sebuah objek andalan pemerintah setempat, pantai ini memiliki lingkungan yang cukup bersih dan terawat dengan baik dan masih dikelola dengan baik oleh warga sekitar.
Wisata Pantai Sundak
Pantai Sundak
Foto oleh : Klikkanan

Akses menuju pantai Sundak jika di tempuh dari pusat Kota Yogyakarta dan langsung menuju pantai menggunakan kendaraan roda dua, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih sekitar 2 jam.

Beberapa pantai yang terletak di sebelah barat Pantai Sundak, seperti Pantai Krakal, Pantai Kukup, atau Pantai Baron, Terdapat penginapan sederhana. Harga sewa kamar tiap malamnya bisa dikatakan relatif murah. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa homestay yang ada di sekitar kawasan ini.

Di Kawasan ini juga terdapat kedai atau warung untuk makan bagi para pengunjung. Di kawasan tempat ini, cita rasa makanan yang tersedia adalah berbagai macam jenis masakan ikan. Warung kecil yang terjajar di kawasan tepi pantai menawarkan masakan hasil laut tangkapan dari nelayan setempat kepada para pengunjung. Di kawasan ini juga sudah tersedia fasilitas kamar mandi dan juga mushola yang dapat digunakan pengunjung untuk beribadah.

Hotel Murah di Jogja

Subscribe to receive free email updates: