Tempat Wisata di Balikpapan yang Paling Menarik

Advertisement.
Tempat Wisata di Balikpapan yang Paling Menarik - yoshiewafa - Sebuah kota yang terletak di Kalimantan Timur (Kaltim), Indonesia. Ada lebih dari 600.000 ribu jiwa yang menghuni kota Balikpapan dan sekitarnya. Balikpapan adalah kota yang membutuhkan biaya hidup paling mahal di Indonesia. Balikpapan sudah terkenal sebagai kota yang menghasilkan minyak bumi. Bahkan sebagian orang masih ada yang menganggap bahwa Balikpapan adalah ibukota dari Propinsi Kalimantan Timur.

Akses menuju Kota Balikpapan bisa dikatakan relatif mudah. Bandara Internasional Sepinggan merupakan jembatan yang penghubung kota Balikpapan dengan kota-kota besar yang ada di Indonesia seperti DKI Jakarta, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya ataupun dari luar negeri.

Peta Wisata Balikpapan
Peta Wisata Balikpapan
Foto Oleh : pariwisata.balikpapan.go.id
Berkembangnya industri minyak bumi di propinsi ini, berdampak pada jumlah orang yang keluar masuk Kota Balikpapan. Jika Anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Balikpapan karena urusan bisnis, dapat mencoba untuk meluangkan sedikit waktu menikmati keindahan pariwisata yang ada di Balikpapan. Dan jika Anda masih belum memiliki tempat tujuan wisata di Balikpapan untuk waktu dekat ataupun untuk masa yang akan datang, Anda dapat merencanakannya terlebih dahulu untuk menuju kota Balikpapan.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Balikpapan yang paling menarik dan dapat Anda jadikan sebagai tempat tujuan rekreasi :

Wisata Pantai Kemala
Pantai Kemala. Terlentak di kota Balikpapan, di Jln. Sudirman. Masyarakat Balikpapan banyak yang berkunjung ke Pantai Kemala untuk melihat matahari terbenam bersama teman atau keluarga.
Wisata Taman BekapaiTaman Bekapai. Terletak pada Jantung Balikpapan. Taman ini adalah wujud kebanggaan masyarakat sebagai Kota Minyak. Pada bagian Tengah taman ini ada patung perunggu dan air mancur.Wisata Pasar KlandasanPasar Klandasan. Terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Pengunjung bisa menemukan bermacam jenis buah segar, ikan segar, kepiting sampai lobster dengan harga-harga tradisional. Cocok sebagai tempat belanja Anda.

Pasar Inpres Kebun Sayur
Pasar Inpres Kebun Sayur
Pasar Inpres
Foto Oleh : Kotabalikpapan
Pasar Inpres adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan karena terkenal akan banyaknya cinderamata khas daerah setempat yang dijual di kawasan pasar ini, Anda dapat menemukan banyak toko batu permata yang menawarkan berlian, giok, emas, dan lain sebagainya. Harga batu permata yang ada disini lebih murah jika di bandingkan dengan kota lain yang ada di Indonesia dikarenakan dekat dengan lokasi sumber produksi. Jika Anda mempunyai perhiasan, emas, perak atau lainnya yang ingin dicuci, beberapa toko yang ada di sini menyediakan jasa pelayanan untuk ini. Selain itu disini juga terdapat kios dan toko buah tangan khas dari suku Dayak.

Hutan Lindung Sungai Wein
Hutan Lindung Sungai Wein
Sungai Wein
Foto Oleh : mongabay
Hutan lindung ini memiliki luas sekitar 10.000 hektar dan memiliki bermacam jenis hewan yang dilindungi seperti orang hutan, beruang madu, dan Bekantan. Sayangnya pengunjung tidak selalu bisa melihat binatang yang dilindungi ini. Terdapat tanaman yang dilindungi, yaitu Kantung Semar dan Jahe Balikpapan. Hutan ini merupakan tempat yang tepat jika bosan dengan suasana kota. Lokasinya di Jalan Soekarno-Hatta, Km 15, Kec. Karang Joang. Transportasi umum belum sepenuhnya dapat menjangkau kawasan ini secara terus menerus, dan pada umumnya pengunjung yang datang berwisata menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan.

Hutan Wana Wisata
Hutan Wana Wisata
Wana Wisata
Foto Oleh : indonesia
Hutan ini memiliki luas sekitar 15 hektar dan cocok sebagai tempat wisata keluarga ataupun group. Hutan Wana Wisata terletak di Jalan Soekarno Hatta Km.10, Kec. Karang Joang, dan tidak terlalu jauh dari Hutan Lindung Sungai Wein. Pengunjung yang ingin masuk akan dikenakan biaya sekitar Rp. 1000 tiap orang dan Rp. 3000 tiap mobil. Sama halnya dengan Hutan Lindung Sungai Wein, para umumnya wisatawan datang dengan menggunakan kendaraan pribadi karena lokasi wisata ini kurang terjamah oleh sarana transportasi umum.



Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip
Tertitip
Foto Oleh : Coinwisata
Terletak di Jalan Mulawarman No. 66, Desa Teritip.
Penangkaran Buaya seluas 6 hektar ini memiliki sekitar 3.000 ekor buaya. Selain buaya, di penangkaran ini juga ada binatang lain, seperti gajah, kera, musang, dan kura-kura. Anda dapat mencoba merasakan sate buaya di restoran yang ada di dalam area peternakan ini jika ingin merasakan daging Buaya. Selain itu Anda juga dapat memiliki kesempatan untuk memberi makan buaya dengan ayam yang dibeli dengan harga kurang lebih sekitar Rp. 10.000 tiap ekornya. Dua hal ini mungkin harus dicoba sebagai pengalaman dan kenang-kenangan ketika Anda berkunjung ke Penangkaran Buaya Tertitip.

Kilang Minyak Balikpapan
Kilang Minyak Balikpapan
Kilang Minyak Balikpapan
Foto Oleh : livinginbalikpapan
Sepertinya belum lengkap kunjungan Anda untuk berwisata ke kota minyak bumi Balikpapan jika tidak melihat kilang minyak. Meski status tempat ini sangat terbatas, dan tidak buka untuk umum, Anda masih bisa melihat betapa besar dan banyaknya kilang minyak yang berlokasi di Jalan Minyak dan mengarah ke Teluk Balikpapan ini. Kilang-kilang Minyak ini berada di area seluas 2,5 km persegi dan dikelilingi pagar kawat. Jika Anda tidak mempunyai kendaraan sendiri, masih tetap dapat melihat kilang-kilang Minyak tersebut dari dalam mikrolet  bernomor 6 yang berangkat dari Terminal Damai. Akan tetapi, Anda akan dilarang untuk mengambil foto di kawasan ini.


Bagaimana manurut Anda? sudah mendapatkan rencana untuk berwisata di salah satu Tempat wisata di Balikpapan yang menarik? atau Anda mau mengunjungi semua wisata balikpapan diatas juga boleh. Sekian dari yoshiewafa semoga bermanfaat dan Selamat berwisata.

Subscribe to receive free email updates: