Candi Sambisari di Jogja / Yogyakarta

Advertisement.
Candi Sambisari di Jogja / Yogyakarta - yoshiewafaCandi Sambisari merupakan sebuah candi Hindu (Siwa) yang terletak sekitar 13 km di sebelah timur dari kota Yogyakarta menuju ke arah kota Solo atau kurang lebih sekitar 5 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Candi Sambisari pertama kali dibangun pada sekitar abad ke-9 pada masa kejayaan pemerintahan raja Rakai Garung pada jaman Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Sambisari Pertama kali ditemukan tahun 1966 oleh seorang petani yang ada di Desa Sambisari yang kemudian dipugar oleh Dinas Purbakala pada tahun 1986. Kemudian Nama desa Sambisari diabadikan dan dijadikan nama Candi Sambisari. Letak Candi Sambisari sekitar 6,5 meter berada di bawah permukaan tanah, hal ini diduga terjadi karena tertimbun lahar Gunung Merapi yang meletus secara besar-besaran pada sekitar abad ke-11 dan berkemungkinan sekitar tahun 1006. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya batu material volkanik yang ada di sekitar candi.
Candi Sambisari
Foto Oleh : Wikipedia

Bangunan dari Candi Sambisari dikelilingi pagar batu yang berukuran 50 m x 48 m, kompleks Candi ini memiliki candi utama yang didampingi tiga candi perwara atau candi pendamping. Pada dinding bagian luar dari bangunan utama terdapat relung yang berisikan patung Durga Mahisasuramardini berada di sebelah utara, patung Ganesha di sebelah timur, patung Agastya di sebelah selatan, dan pada bagian sebelah barat terdapat dua buah patung dewa yang penjaga pintu yaitu dewa Mahakala dan dewa Nandiswara.

Di dalam candi utama terdapat sebuah lingga dan yoni yang berukuran cukup besar. Pada waktu pertamakali digali ditemukan berbagai macam jenis benda lainnya seperti beberapa tembikar, perhiasan, cermin logam, dan juga prasasti.

Hotel Murah di Jogja

Subscribe to receive free email updates: