Tempat Wisata Yogyakarta - Candi Abang

Advertisement.
Tempat Wisata Yogyakarta - Candi Abang - Sama halnya dengan Candi Prambanan, Candi Kalasan atau Candi Ijo. Candi Abang juga merupakan bangunan Candi Hindu yang terdapat di Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Letak Candi Abang tidaklah jauh dari Candi Banyunibo dan Candi Barong, yang ada di Dusun Candiabang, Kel. Jogotirto, Kec. Berbah, Sleman, Yogyakarta, Pulau Jawa, Indonesia. Candi Abang berada dekat dengan Bandara Adisucipto.

Candi Abang dibangun sekitar abad ke-9 sampai ke-10 pada jaman Kerajaan Mataram Kuno. Walaupun demikian, candi ini juga diperkirakan memiliki usia yang lebih muda jika di bandingkan dengan candi-candi Hindu yang lainnya.
Candi Abang di Jogja
Candi Abang di Jogja yang tampak seperti gundukan
Foto Oleh : Wikipedia

Candi Abang memiliki bentuk seperti piramid dan terbuat dari batubata yang berwarna merah (abang dalam bahasa Jawa) karena sebab itulah di namakan Candi Abang. Bentuk dari candi ini berupa segi empat yang memiliki ukuran 36 m x 34 meter, dan sekarang sudah banyak ditumbuhi rumput sehingga jika di lihat dari jarak jauh akan tampak mirip seperti sebuah gundukan tanah atau bukit kecil.

Ketika Pertama kali ditemukan, di dalam Objek wisata Candi Abang terdapat sebuah arca dan alas yoni yang menjadi lambang dewa Siwa dengan bentuk segidelapan dan tidak berbentuk segi empat, seperti biasanya yang memiliki sisi berukuran 15 cm.

Hotel Murah di Yogyakarta

Subscribe to receive free email updates: