Tempat Wisata Yogyakarta - Candi Kalasan

Advertisement.
Tempat Wisata Yogyakarta - Candi Kalasan - Nama Lain dari Candi Kalasan adalah Candi Kalibening yang merupakan candi dengan kategori candi umat Buddha yang terdapat di desa Kalasan, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Pulau JawaIndonesia. Candi ini mempunyai 52 stupa yang berada di sisi jalan raya antara Yogyakarta dan Solo letaknya sekitar 2 km dari candi Prambanan.

Pada mulanya hanya Candi Kalasan yang ditemukan pada daerah situs ini, namun setelah digali lebih dalam lagi kemudian ditemukan lebih banyak lagi bangunan pendukung yang ada di sekitar candi ini. Selain candi Kalasan dan bangunan pendukung lainnya juga ada tiga buah candi kecil di luar bangunan candi utama, yang berbentuk stupa.
Candi Kalasan
Candi Kalasan
Foto Oleh : wikipedia

Candi Kalasan ini mempunyai lapisan penutup candi yang dinamakan Bajralepa, semacam plesteran yang terdapat di ukiran batu halus. Hiasan Bajralepa ini merupakan salah satu ciri dari Candi Kalasan, yang juga dapat dijumpai pada Candi Sari. Denah dari bangunan Candi Kalasan berbentuk persegi. Dengan atap berbentuk segi delapan dan puncaknya berbentuk dagoba atau stupa. Keadaannya sudah sangatlah rusak. Hanya bagian selatan saja yang masih utuh.

Hotel Murah di Yogyakarta

Subscribe to receive free email updates: