Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur

Advertisement.
Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur - yoshiewafa - Sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Timur dan terkenal karena memiliki perusahaan rokok yang sangat besar dan sudah ternama yaitu PT Gudang Garam Tbk. Kota Kediri merupakan tempat kelahiran saya. Menurut saya tempat wisata di Kediri yang indah dan terkenal adalah wisata alam pegunungan Kediri yang menawarkan pemandangan alam yang sangat eksotik dan masih natural. Tempat liburan dan rekreasi di Kediri menurut saya tidak banyak, karena saya orang Kediri asli sejak kecil sampai sekarang di besarkan di Kediri. Sehingga saya kurang mampu untuk menilai daerah wisata yang ada di kota tempat tinggal saya sendiri. Kota Kediri tidak begitu jauh dari Malang, Surabaya, Mojokerto dan sekitarnya.

Cukup banyak tempat wisata di kota kediri yang sudah saya kunjungi ketika masih remaja, katakanlah sudah hampir semua. Namun saya tidak tahu apakah tempat-tempat wisata yang saya kunjungi itu terkenal di kawasan kota lain yang ada di Pulau Jawa. Tempat wisata di Kediri yang paling saya sukai adalah Air terjun Dolo Kediri yang terletak di Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Dulu hampir setiap hari minggu saya berkunjung ke Wisata Air Terjun Dolo bersama kekasih pujaan hati.

Sebelum Anda mencapai Dolo akan menemui dua pilihan jalan, jika Anda berjalan lurus saja akan menemui Wisata Air Terjun Irenggolo yang terletak tidak jauh dari Air terjun Dolo. Namun jika Anda memilih untuk berjalan lebih mendaki lagi maka akan sampai di Dolo, jarak antara Irenggolo sampai ke Dolo kurang lebih sekitar 3 km.
SLG (Simpang Lima Gumul)
SLG (Simpang Lima Gumul) terletak di Kabupaten Kediri.
Foto Oleh : thearoengbinangproject.com
Kok saya jadi curhat ya? oke kembali lagi ke topik wisata Kediri dan berikut ini adalah tempat wisata di kediri yang menrut saya menarik dan layak untuk Anda kunjungi jika ingin Liburan ke Kediri.

Tempat wisata bersejarah dan Alam di Kediri

Gua Selomangleng, letaknya tidak jauh dari rumah saya, dulu waktu masih SMA saya sering maen-maen ke Gua Selomangleng untuk melihat-lihat pemandangan orang lewat terutama cewek yang lewat, tepatnya di daerah tumpang yang tidak jauh dari Gua Selomangleng banyak sekali warung-warung kopi tempat anak muda untuk cangkruk an. Untuk Anda yang ingin berlibur ke Gua Selomangleng yang masih termasuk dalam Kelurahan Pojok ini sangatlah mudah untuk di jankau dengan jalan yang sangat bagus sehingga memudahkan siapa saja untuk mengaksesnya.

Museum Airlangga, terletak tidak jauh dari Gua Selomangleng dan masih termasuk dalam Kelurahan Pojok, Cukup dengan berjalan kaki dari Gua Selomanggleng menuju arah timur, Anda sudah dapat menemukan Museum Airlangga, jaraknya tidak ada 100 meter dari Gua.

Masjid Auliyya Setono Gedong, merupakan salah satu tempat wisata religi yang ada di Kediri, letaknya di Jalan Dhoho Kediri Kota.

Masjid Agung Kota Kediri terletak tepat berhadapan dengan Alon-Alon kota Kediri dan Dhoho Plaza yang menjadi salah satu wisata belanja yang ada di Kediri.

Candi Setono Gedong merupakan sebuah peninggalan Kerajaan Hindu yang lokasinya di belakang Masjid Aulia Setono Gedong, dapat dicapai dengan berjalan melewati sebuah gang yang cukup besar di Jl. Doho, Kediri, berseberangan dengan jalan simpang mengarah ke Stasiun Kereta Api Kediri. Dekat dengan situs ini juga terdapat sebuah kompleks makam keramat yang banyak dikunjungi oleh peziarah.

Museum Fotografi Kediri adalah sebuah tempat penimpanan foto-foto kota Kediri pada masa lalu dan merupakan museum foto di Kediri yang berisikan sejarah Kota Kediri dari abad 18 sampai abad 21. Kurang lebihnya ada sekitar 300 foto Kota Kediri pada jaman dahulu yang tersimpan di museum.

Gua Selobale di lereng Gunung Klothok
Gunung Maskumambang masih dalam kawasan Gua Selomanggleng
Makam dan Situs Bersejarah Mbah Bancolono berlokasi di Puncak Gunung Maskumambang
Makam dan Situs Bersejarah Sunan Geseng
Makam Kuno Mbah Wassil
Masjid Banjar Mlati, sebuah Masjid yang Tertua di Kota Kediri
Klenteng Tjio Hwie Kiong dekat dengan Jalan Dhoho Kediri
Gereja Merah, khas era Kolonialisme
Monumen Kediri Syu

Tempat Rekreasi Keluarga dan Kuliner di Kediri

Waterpark Selomangleng, satu kawasan dengan Gua Selomangleng dan Museum Airlangga.
Kolam Renang Pagora tempat wisata saya dulu ketika masih kecil, letaknya sangat dekat dengan Stadion Brawijaya Kedri.
Kolam Renang Tirtoyoso berada tepat di depan Kolam Renang Pagora dan bersebelahan dengan Stadion Brawijaya.
Alun-Alun Kota Kediri terletak di kawasan Kediri Kota dan tepat di seberang jalan raya adalah Masjid Agung Kediri
Dermaga Joyoboyo tempatnya anak remaja untuk cangkruk an atau berpacaran, letaknya tidak jauh dari Kediri Kota.
GOR Joyoboyo merupakan sebuah Gor yang bisa dibilang masih baru dibangun dan terletak di Desa Muneng, jika dari Alun-alun Kediri menuju arah barat dan kemudian belok kanan pada lampu stopan ke 3 di hitung dari lampu stopan Alun-Alun Kediri.
Wisata Kuliner Kediri Soto Kediri Bok Ijo terletak di Terminal Tamanan
Pusat Tahu Takwa dan Gethuk Gedang berada di Jalan Pattimura
Kuliner Pecel dapat Anda temukan di warung-warung kecil yang ada di Kediri, dan ketika malam hari sekitar jam 10 malam ke atas, dapat Anda temukan di Kediri kota, tepatnya di sepanjang Jalan Dhoho Kediri.
Taman Sekartaji terletak tidak jauh dari Dermaga Joyoboyo.
Kuliner Jagung Bakar di Bundaran Sekartaji, masih di dekat Taman Sekartaji.

Saya rasa cukup sekian dulu ulasan dari yoshiewafa tentang tempat wisata di Kediri, selengkapnya akan kembali saya bahas jika masih memiliki waktu untuk menulis, karena sekarang sudah malam waktunya untuk tidur. Jika tidak ada waktu? maka ya Artikelnya akan berhenti disini. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin berkunjung ke Kota Kedri yang juga sering disebut denga nama Kota Tahu, sebenarnya masih banyak tempat wisata kediri yang belum saya bahas, dan semoga saja masih akan bersambung di kemudian hari, jika saya masih ingat.

Subscribe to receive free email updates: