Tempat Tujuan Wisata Lebaran di Garut

Advertisement.
Tempat Tujuan Wisata Lebaran di Garut - yoshiewafa - Memasuki liburan Lebaran, semua objek wisata di Tanah Air  Indonesia menjadi tempat tujuan wisata lebaran untuk menghabiskan waktu dan mengahangatkan kasih sayang di keluarga. Salah satunya daerah wisata yang bisa menjadi alternatif adalah Kabupaten Garut.

Kota Garut yang terkenal dengan nama sebutan kota dodol ini banyak sekali menawarkan tempat wisata, dari mulai wisata air, alam sampai wisata sejarah. Jarak Kota Bogor sekitar 60 kilometer menuju arah selatan kota Bandung, ibu kota provinsi Jawa Barat. Dan berikut ini adalah beberapa tempat tujuan wisata yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mengisi waktu liburan lebaran di Garut :

Taman Satwa Cikembulan
Taman Satwa Cikembulan
Taman Satwa Cikembulan
Foto Oleh : bandung.panduanwisata.com
Objek wisata di garut ini terletak di Kecamatan Kadungora, yang jaraknya sekitar 2 kilometer dari jalan Raya Bandung - Garut untuk menuju kawasan ini. Tempat wisata ini tidak jauh berbeda dengan kebun binatang pada umumnya. Koleksi hewan yang ada di sini berupa jenis burung, Reptil, primata, mamalia dan kucing besar seperti harimau dan macan.

Situ Cangkuang
Situ Cangkuang
Situ Cangkuang
Tempat Wisata ini jaraknya tidak jauh dari Taman Satwa Cikembulan, untuk menuju kawasan ini juga tidak terlalu sulit. Dari alun-alun Leles, langsung belok kiri. Tempat ini menyuguhkan petualangan wisata yang cukup komplit yakni menyusuri danau dengan menggunakan rakit bambu. Di tengah danau terdapat pulau yang didalamnya berdiri sebuah Candi Hindu peninggalan abad ke XVII juga terdapat perkampungan adat yaitu kampung Pulo yang masih memegang teguh adat istiadat karuhunnya yakni agama Islam.

Taman Rekreasi dan pemandian air panas
Sumber Air Cipanas
Sumber Air Cipanas
Bergeser sekitar tiga kilometer dari Leles yakni di kecamatan Tarogong, terdapat objek wisata Cipanas. Tempat ini menarwarkan banyak pemandian air panas yang airnya berasal dari Gunung Api Guntur. Pemandian ini berada disini berupa kolam dan waterboom. Tak hanya itu, di tempat ini juga banyak berjejer penginapan dan hotel dengan dilengkapi fasilitas kamar air panas. Tidak sulit untuk menjangkau tempat ini, dari jalan raya Bandung - Garut tinggal belok kanan sekitar 2 kilometer. Jalannya cukup bagus.

Situ Bagendit
Situ Bagendit
Situ Bagendit
Setelah puas bermandi air panas, pengunjung bisa berbalik lagi menuju ke arah timur. Sekitar 5 kilometer dari Cipanas, terdapat Situ/Danau Bagendit yang terletak di Kecamatan Banyuresmi. Tempat ini menyuguhkan hamparan air dengan beckground pegunungan. Fasilitas yang tersedia di kawasan ini yaitu penyewaan 60 buah rakit dengan tarif Rp.25.000/15 menit, 11 buah sepeda air dengan tariff Rp.10.000/15 menit yang dalam kondisi yang baik. Terdapat pula beberapa bangku taman dan 6 buah shelter yang disewakan untuk pengunjung dengan harga Rp.3.000/jam. Terdapat juga kereta api mini dengan tarif Rp.2.000 dan kolam renang dikawasan Situ Bagendit ini.

Pemandian Air Panas Darajat
Pemandian Air Panas Darajat
Pemandian Air Panas Darajat
Kawasan tempat wisata darajat ini berada hampir 1.000 meter diatas permukaan laut. Waktu tempuh normal untuk menuju kawasan ini dari Garut kota sekitar 1 jam. Para pengunjung akan menyusuri jalan meliuk dan mananjak. Di kanana kiri jalan diapit hamparan sawah, menjelang tiba di lokasi objek wisata pipa-pipa besar dan instalasi energi panas bumi milik PT Chevron akan mengapit jalan. Dari tempat ini akan pengujung dapat menyaksikan indahnya kota dodol.

Dengan udara yang cukup dingin, para pengunjung dapat menikmati waterpark dengan air panas yang berasal dari Kawah darajat yang merupakan bagian dari barisan gunung Api Papandayan. Di tempat ini sedikitnya terdapat tujuh buah waterpark yang bisa dipilih untuk menikmati kehangatan dengan keluarga.

Talaga Bodas
Talaga Bodas
Talaga Bodas
Wisata Kawah Talaga Bodas berada 8 km dari ibu kota kecamatan Wananraja atau 20 km arah timur dari kota Garut dan 83 km dari Bandung. Kawah Talaga Bodas memiliki luas 23,85 ha dan berada di ketinggian 1.512 m di atas permukaan laut. Pengunjung bisa menikmati wisata tracking, hiking, fotografi, piknik, atau sekedar jalan- jalan dan refresing saja.

Kawah Papandayan
Kawah Papandayan
Kawah Papandayan
Tempat wisata Garut Kawah Papandayan berada di ketinggian 2170 m di atas permukaan laut. Luas kawasan ini secara keseluruhan 7132 Ha, yang terdiri dari Cagar Alam dengan luas 6807 Ha dan Taman Wisata Alam 225 Ha. Papandayan ini terdapat banyak kawah yang aktif, yang diantaranya ada 4 kawah yang meletus pada tahun 2002 yaitu Kawah Baru, Kawah Nagklat dan Kawah 2002 (2).

Pantai Selatan / Pantai Santolo
Pantai Selatan / Pantai Santolo
Pantai Selatan / Pantai Santolo
Bosan dengan kondisi pegunungan, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menikmati deburan ombak di wilayah selatan Garut. Sebelum sampai ke tempat tujuan pengunjung akan menikmati hamparan perkebunan teh di wialayah Cikajang. Perjalan menuju pantai selatan ini mencapai sekitar 3 jam dengan jarak tempuh sekitar 80 kilometer. Jalan yang disusuri cukup membuat pusing bagi yang baru pertama, soalnya selain sempit jalannya juga berliku-liku.

Pantai selatan / Pantai Santolo di Garut ini mempunyai panjang sekitar 80 kilometer, gugusan karang banyak ditemui di wilayah ini. Keindahan pantai di Garut ini tidak jauh beda dengan Bali. Pantai yang bisa dikunjungi diantaranya pantai Cijeruk, Karang Paranje, Rancabuaya, Cijayana, Sayang Heulayang, Santolo dan Pantai Pasir Putih Gunung Geder

Nah demikianlah tujuan Tempat Wisata di Garut yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk liburan lebaran kali ini yang yoshiewafa lansir dari sumber web berita www.tempo.co dan semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan informasi wisata garut. ^_^.

Subscribe to receive free email updates: