Inilah Taman Laut Nasional Bunaken yang Indah

Advertisement.
Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu tempat wisata alam di Indonesia yang memiliki keindahan alam bawah laut begitu cantik dan mempesona. Lokasinya berada di Sulawesi Utara, Pulau Sulawesi, Indonesia. Letak taman ini berada di Segitiga Terumbu Karang, dan menjadi habitat untuk 390 spesies terumbu karang juga berbagai jenis spesies ikan, reptil moluska, dan mamalia laut. Taman Laut Nasional Bunaken ini merupakan perwakilan dari ekosistem laut Indonesia, yang meliputi padang rumput laut, terumbu karang serta ekosistem pantai.

Taman Laut Nasional Bunaken ini sudah didirikan sejak tahun 1991, meliputi kawasan wilayah seluas 890.65 km persegi. Dan 97% dari taman laut nasional Bunaken ini adalah habitat laut, sementara yang 3% sisanya adalah daratan, yang meliputi lima pulau : Bunaken, Mantehage, Manado Tua, Naen dan Siladen.
Taman Laut Nasional Bunaken
Taman Laut Nasional Bunaken
Taman Nasional Bunaken ini kaya akan ekosistem terumbu karang. Kurang lebih ada sekitar 390 spesies terumbu karang di kawasan Taman Laut ini. Spesies alga yang bisa ditemukan di Taman Nasional Bunaken adalah seperti Caulerpa, Halimeda serta Padina, sementara untuk spesies rumput laut yang banyak adalah Enhallus acoroides, Thalassia hemprichii, dan Thalassaodendron ciliatum.
Taman Laut Nasional Bunaken
Taman Laut Nasional Bunaken
Taman Nasional Bunaken juga mempunyai berbagai macam jenis spesies ikan, reptil, mamalia laut, burung, moluska dan mangrove. Terdapat kurang lebih sekitar 90 spesies ikan yang tinggal di kawasan perairan ini.

Di daratan, pulau ini sangat kaya akan Arecaceae, woka, silar, sagu, dan kelapa. Selain itu, Taman Nasional laut Bunaken juga mempunyai spesies hewan darat, contohnya seperti rusa dan kuskus. Hutan mangrove yang ada di kawasan taman ini juga menjadi habitat kepiting, lobster, moluska dan burung-burung laut.
Taman Laut Nasional Bunaken
Taman Laut Nasional Bunaken
Di kawasan Taman Nasional Bunaken ini, terdapat sekitar 22 desa dengan jumlah penduduk kurang lebih 35.000 jiwa. Kebanyakan dari masyarakat kawasan ini bekerja sebagai nelayan atau menjadi petani kelapa, ubi jalar, pisang dan rumput laut untuk diekspor, sementara sebagian orang lainnya bekerja sebagai pemandu, nahkoda kapal dan pekerja di cottage.
Taman Laut Nasional Bunaken
Taman Laut Nasional Bunaken
Pariwisata yang terdapat di wilayah ini terus dikembangkan. Sekitar tahun 2003 sampai dengan 2006, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Bunaken sudah mencapai 32.000 sampai 39.000 jiwa, 8.000 sampai 10.000 diantaranya adalah turis asing.
Sumber : id.wikipedia.org
Taman Laut Nasional Bunaken
Taman Laut Nasional Bunaken
Apabila Anda ingin melihat keindahan alam bawah laut yang ada di Taman Nasional Bunaken yang merupakan salah satu wisata Indonesia menarik ini pasti akan jauh lebih cantik dengan cara menyelam. Untuk Anda yang belum bisa menyelam bisa kursus menyelam terlebih dahulu supaya bisa menikmati indahnya alam bawah laut di Taman Nasional Bunaken.

Benar-benar keindahan alam Indonesia yang juga tidak kalah indahnya dengan Pulau Bali, Pulau Lombok dan wisata Bromo.

Subscribe to receive free email updates: