Obyek Wisata Situ Cileunca, Pangalengan, Bandung

Advertisement.
Obyek Wisata Situ Cileunca - Pangalengan - yoshiewafa - Merupakan sebuah danau yang berada diatas dataran tinggi dan lokasinya di Pangalengan. Perjalanan untuk menuju Situ Cileunca dapat Anda tempuh dari Bandung dengan jarak sekitar 41 km. Situ Cileunca ini terdapat di ketinggian sekitar 1551m dpl, dengan dikelilingi oleh perkebunan teh Malabar yang cantik. Lokasi Situ Cileunca tidak jauh dari kecamatan Pangalengan, kurang lebihnya sekitar 4 km dari Pangalengan menuju ke arah Cisewu.

Danau dengan luas 180 hektar ini diapit oleh dua Desa yang bernama Desa Wanasari dan Desa Pulosari. Menurut cerita rakyat katanya Situ Cileunca pada awalnya dimiliki oleh Mener Belanda, yang kemudian membendung Sungai Cileunca sehingga terbentuk sampai seperti sekarang. Banyak wahana permainan yang terdapat di Situ Cilenca, selain itu Anda juga dapat berkeliling dengan menggunakan perahu untuk mengelilingi danau ini.

Untuk Anda yang suka rafting air keluaran bendung Cileunca juga biasa digunakan untuk rafting. Selain menjadi sebuah area wisata, Situ Cileunca juga dimanfaatkan untuk mencari sumber air bersih untuk warga Bandung dan juga digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik.
Obyek Wisata Situ Cileunca
Obyek Wisata Situ Cileunca
Situ Cileunca dapat Anda kunjungi dari Bandung menuju arah Banjaran. Kemudian dari Banjaran, akan terdapat pertigaan ambil menuju arah Pangalengan. Dari Banjaran jaraknya sekitar 35 km lagi. Setelah Anda berjalan dan menemukan sejumlah tanjakan, maka Anda akan sampai di Pangalengan. Jika Anda menemukan pertigaan di Pangalengan, ambil jalur menuju arah kanan ke arah Cisewu Garut, kurang lebih 4 km lagi Anda akan melihat sebuah danau yang berada disebelah kiri jalan yang terdapat banyak pepohonan yang rindang. Selamat berwisata ke Situ Cileunca!!

Subscribe to receive free email updates: