Museum Gedung Joang '45 Jakarta, Peninggalan Bung Karno

Advertisement.
Museum Gedung Joang '45 merupakan saksi perjuangan yang menyimpan cukup banyak sejarah tentang berbagai peristiwa ketika kemerdekaan RI akan berlangsung. Gedung Joang 45 ini lokasinya berada di Jl. Menteng Raya 31, Jakarta. Untuk Anda yang tertarik dengan sejarah dari perjuangan kemerdekaan RI, maka Museum Joang 45 merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang wajib untuk kunjungi. Pada awalnya Gedung Joang 45 adalah sebuah bangunan Schomper Hotel yang sudah dibangun sejak tahun 1920-1938, yang dikelola L.C. Schomper, keturunan belanda.

Kemudian pada waktu pendudukan Jepang di Indonesia, hotel ini kemudian diambil alih Ganseikanbu Sendenbu atau Departemen Propaganda dan setelah itu dikenal sebagai Gedung Menteng 31.

Gedung ini kemudian menjadi sebuah markas program pendidikan politik yang diselenggarakan untuk beberapa tokoh pemuda yang sangat berperan pada era kemerdekaan, antara lain seperti Sukarni, A.M Hanafi, Chaerul Saleh dan Adam Malik.

Mereka juga lebih dikenal sebagai 'Pemoeda Menteng 31', yang kemudian menjadi aktor dibalik penculikan Soekarno, Hatta dan Fatmawati menuju ke Rengasdengklok satu hari sebelum hari kemerdekaan tiba. Tokoh-tokoh para pemuda tersebut dibina langsung oleh Soekarno, Hatta, Sunaryo, Moh. Yamin dan juga Achmad Subarjo.
Museum Joang '45 Jakarta
Museum Joang '45 Jakarta
foto : wikipedia
Sejumlah lukisan yang berkaitan dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan RI di pamerkan di Museum Gedung Joang '45 ini. Disini juga terdapat beberapa miniatur yang menggambarkan suasana Gedung Menteng 31 pada waktu masa kemerdekaan dan orasi Soekarno dalam sebuah Rapat Besar di Lapangan IKADA yang diadakan pada 19 September 1945.

Di Museum Gedung Joang '45 ini juga terdapat arsip dokumentasi yang berupa foto-foto dan juga patung dada dari para tokoh-tokoh pergerakan kemerdekaan. Berbagai koleksi lain yang juga terdapat di museum ini adalah seperti tiga kendaraan kepresidenan yang dahulunya digunakan oleh Presiden dan Wakil Presiden pertama Rakyat Indonesia.

Selain terdapat cukup banyak dokumentasi sejarah, Museum Gedung Joang 45 juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain adalah seperti ruang pameran tetap dan temporer yang disertai pojok multimedia, disini juga ada yang dinamakan bioskop joang 45 dan menayangkan berbagai film yang bertemakan perjuangan dan juga dokumenter, perpustakaan yang berisikan berbagai referensi sejarah, children room yang berisikan aneka ragam games, foto studio, souvenir shop dan juga plaza outdoor untuk berbagai aktivitas teater para anak.

Menarik sekali bukan ? terutama sih untuk para pecinta sejarah kemerdekaan Indonesia, sebagai akomodasi wisata, kami juga memiliki referensi hotel murah di Jakarta untuk Anda yang ingin lebih menghebat uang saku. Untuk yang ingin liburan ke Jakarta, kami juga memiliki referensi daftar tempat wisata di Jakarta yang dapat Anda jadikan pilihan.

Subscribe to receive free email updates: