Wisata Hutan Raya Unmul Samarinda

Written By Ahmad Wafa Aminudin on Monday, March 18, 2013 | 10:36 PM

Wisata Hutan Raya Unmul Samarinda - Jika saya baca sebenarnya ini sama dengan kebun raya Samarinda yang kemarin, namun hanya untuk sekedar refrensi saja saya juga akan mendeskripsikan Hutan Raya Unmul Samarinda, tentunya dengan deskropsi yang lebih lengkap dari kemarin yang mungkin terlalu singkat, Hutan Raya Unmul Samarinda merupakan salah satu objek wisat yang unik di Samarinda karena memadukan rekreasi dengan pendidikan alam dan lingkungan.

Hutan Raya Unmul Ini memiliki lahan yang luas yaitu skitar 300 hektar, pada mulanya Hutan Raya Unmul ini hanyalah merupakan area HPH CV Kayu Mahakam milik Ali Akbar Afloes. Kemudian sang pemilik menyerahkan 300 hektar tanah di daerah Gunung Kapur ini kepada seorang Rektor di Universitas Mulawarman yang saat itu di pimpin oleh Rektor R. Sambas Wirakusumah, untuk dijadikan sebuah hutan konservasi.

Ternyata hal itu juga didukung penuh oleh Gubernur Propinsi Kalimantan Timur dan Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Timur. Pada tahun 1997, Walikota Samarinda juga mendukung program itu dengan memanfaatkan kebun raya tersebut sebagai sebuah hutan pendidikan serta kebun botani bagi civitas akademik Universitas Mulawarman.
Kebun Raya Unmul Samarinda
Image Credit : triplens.com
Semenjak sudah diresmikan sebagai sebuah hutan pendidikan, kemudian daerah tersebut sering digunakan untuk tempat kegiatan kemahasiswaan, tempat lokasi penelitian, dan tempat praktik kerja lapangan (PKL) mahasiswa. Tentunya tidak hanya mahasiswa Universitas Mulawarman saja yang diperbolehkan untuk mengakses daerah tersebut.

Bahkan Mahasiswa dari luar Universitas Mulawarman atau dari luar negeri pun juga diperbolehkan untuk melakukan penelitian di daerah ini. Sewaktu sudah ditandatanganinya kerja sama antara Universitas Mulawarman dengan Pemerintah Kota Samarinda, kemudian daerah ini berganti nama menjadi Kebun Raya Samarinda.

Di dalam perkembangannya, ada sekitar 62 hektar dari tanah dengan total seluas 300 hektar ini digunakan sebagai fasilitas jalan, danau buatan, fasilitas olah raga, dan panggung hiburan. Daerah ini sudah semakin berkembang dan juga di gunakan sebagai sebuah objek tempat wisata dan rekreasi, seperti contoh dengan adanya kebun binatang, kolam renang, taman burung, taman bunga, perahu wisata, dan bumi perkemahan.

Ketika anda masuk ke dalam daerah kebun raya Samarinda ini, anda akan merasakan suasana hutan yang begitu sejuk. Jika anda ingin memasuki area utama kebun raya Samarinda maka anda perlu berjalan lagi sepanjang satu kilometer. Selama dalam perjalanan, anda dapat menikmati indahnya perjalanan yang sedang anda lakukan dengan melihat-lihat dan menikmati pohon-pohon lebat yang sebagian sudah diberi label lengkap dengan nama spesies pohon itu. Meski jalanannya beriku dan berbukit, anda bisa terhibur dengan kicauan burung dan suara-suara monyet yang saling bersahutan.

Salah satu keistimewaan dari kebun raya Samarinda ini adalah adanya sebuah kebun binatang yang sangat luas. Di dalam kebun binatang juga terdapat sejumlah orangutan yang memang dengan sengaja dilepas, namun anda tidak perlu khawatir karena orangutang di dalam kebun binatang ini sudah jinak agar pengunjung dapat dengan langsung berinteraksi dengan hewan raham tersebut.

Selain orangutan ada juga binatang-binatang lainnya, seperti contoh sepasang ular cobra, burung enggang, burung kakatua, kuda poni, burung cendrawasih, buaya, kancil, dan landak. Hanya saja, anda harus menaiki sebuah anak tangga bukit yang cukup tinggi. Walaupun demikian, kondisi yang seperti ini ternyata sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung dari berbagai macam daerah, termasuk dari luar Kalimantan Timur.

Anda juga akan dapat menikmati sebuah danau buatan yang sangat luas. Di dalam objek wisata ini anda dapat menyewa sebuah perahu dengan bentuk yang beraneka ragam. Harga sewanya sekitar Rp. 15.000,00 per 15 menit dengan batasan memuat tiga orang dewasa.

Kebun Raya Samarinda terletak di sebelah utara dari Kota Samarinda, Propinsi Kalimantan Timur, Negara Indonesia.

Jika anda ingin menuju lokasi kawasan Hutan Raya Samarinda ini, anda dapat menggunakan jalur darat, seperti kendaraan beroda dua ataupun dengan kendaraan roda empat. Jarak dari pusat Kota Samarinda sekitar 20 km dengan membutuhkan waktu setidaknya sekitar 30 menit perjalanan. Hanya sebagai catatan, untuk anda yang ingin sampai ke area utama kebun raya Samarinda, anda perlu menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan tidak ada angkutan khusus yang tersedia, terkecuali jika anda mau berjalan kaki.

Harga tiket masuk ke kawasan kebun raya Samarinda ini yang terakhir sekitar Rp. 3.000,00, untuk orang dewasa ataupun anak-anak. Harga sudah termasuk untuk kendaraan yang akan masuk ke dalam kawasan kebun raya Unmul Samarinda.

Ada beberapa fasilitas lain yang dapat anda nikati, di antaranya seperti permainan mobil atau motor remote control khusus untuk anak-anak anda, area tempat pemancingan, jalan refleksi, dan panggung terbuka yang sering digunakan untuk acara-acara seperti konser musik dan lain sebagainya.(sumber : indonesia.go.id)



Berwisata bersama keluarga atau orang yang dekat dengan kita memang menyenangkan, menghabikan waktu liburan bersama orang yang kita sayangi itu indah sekali, Sebelum Anda ingin menuju tempat tujuan wisata alangkah baiknya jika membaca Tips Trik Aman Berwisata terlebih dahulu supaya tak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Sekian terima kasih dan semoga hari-hari Anda menyenangkan :).
Advertisement.

















Bagikan Lewat :
thumbnail
Judul Artikel : Wisata Hutan Raya Unmul Samarinda
Di tulis Oleh : Ahmad Wafa Aminudin
Page Url : http://yoshiewafa.blogspot.com/2013/03/wisata-hutan-raya-unmul-samarinda.html
Updated at: 10:36 PM
Written by: Ahmad Wafa Aminudin
Wisata Hutan Raya Unmul Samarinda Updated at: 10:36 PM

Terima kasih sudah membaca artikel ini, Jika Suka dengan artikel ini, Silahkan share dengan sharing buttons di atas. Harap tidak melakukan Copy paste secara 100 % dan mentah-mentah, untuk pengutipan wajib menyertakan link sumber hidup seperti di bawah, bukan link mati. Gunakan etika yang baik. sebelum Sebelum Copy Paste baca dulu Kebijakan Privasi Kami

Artikel Terbaru

Advertisement

Harga Hotel dan Tiket Pesawat

Blog Archive

Facebook dan Twitter