Istana Kerajaan Inderapura Sumatera Barat

Advertisement.
Istana Kerajaan Inderapura Sumatera Barat - Tempat wisata di sumatera barat yang satu ini merupakan sebuah sejarah Kerajaan Inderapura yang terletak di Muaro Sakai kenagarian Inderapura kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Untuk anda yang menyukai tempat yang memiliki nilai sejarah, maka ini adalah tempat wisata yang cocok untuk anda kunjungi, menelusuri jejak Kerajaan Inderapura yang seakan terlupakan mungkin dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anda yang menikmatinya, dahulu kala kerajaan Inderapura pernah berjaya pada abad ke 17-18.

Samuderapura merupakan Bandar kerajaan Inderapura yang sangat ramai dan dikunjungi oleh kapal-kapal dagang yang berasal dari eropa,asia dan timur tengah. Karena itulah Kerajaan ini kemudian menjadi rebutan dari berbagai belah pihak karena letaknya di dekat pantai dan merupakan sebuah kota pantai yang menjadi pusat dari perdagangan dengan komoditi utama emas dan lada (merica).

Hal ini dapat bertahan cukup lama dikarenakan Kerajaan Inderapura mempunyai armada laut yang kuat.
Dalam beberapa cerita masyarakat ada yang mengatakan jika kerajaan Inderapura ini berada dibawah kekuasaan Kerajaan pagaruyung, akan tetapi sampai sekarang tidak satupun bukti yang dapat membuktikan kalau Kerajaan Inderapura ini dahulunya tunduk kepada Kerajaan Pagaruyung. Dari berbagai sisi hal ini dapat dilihat dari cara Kerajaan Inderapura dalam mengurus kerajaannya baik keluar maupun kedalam.

Hal ini memang menjadi sebuah pertanyaan yang masih misterius untuk diungkapkan apakah kedua kerajaan ini memiliki hubungan? yaitu antara Kerajaan Inderapura ini dengan kerajaan Pagaruyung.
Walaupun sekarang Kerajaan Inderapura sudah tidak ada lagi akan tetapi bekas-bekas dari kerajaan itu masih dapat dijumpai di kawasan Muaro sakai Inderapura, kecamatan Pancung Soal Kabupaten pesisir Selatan Diantaranya adalah :
Bekas dari sisa kerajaan inderapura
Bekas dari sisa kerajaan inderapura
Benda pusaka milik kerajaan Inderapura dahulu
Benda pusaka milik kerajaan Inderapura dahulu
Makam raja Inderapura
Makam raja Inderapura
Meriam besar ini ada di sekitar reruntuhan istana
Meriam besar ini ada di sekitar reruntuhan istana
Rumah seorang Ahli waris dari kerajaan inderapura di Muaro Sakai Inderapura
Rumah seorang Ahli waris dari kerajaan inderapura di Muaro Sakai Inderapura
Untuk mencapai lokasi dari bekas kerajaan Inderapura ini anda dapat melalui jalan darat dari Padang menuju Painan kabupaten Pesisir Selatan terus ke Inderapura kecamatan pancung Soal,setiba di Inderapura belok ke kanan ke arah Muaro sakai.sesampai di Pasar Minggu Muaro sakai wisatawan cari rumah yang ada meriamnya.Disini tanya nama Siti Agustina atau lebih dikenal dengan nama Uniang Gustina atau Bapak St.Zainal Arifin Abas kedua nama tersebut adalah ahli waris dari kerajaan Inderapura atau Bapak Mardiyon (oyon las) bapak ini merupakan sumando dirumah tersebut.

Wisatawan akan memperoleh penjelasan tentang kerajaan Inderapura dari orang-orang tersebut.
Selamat menelusuri Jejak-jejak kerajaan Inderapura yang pernah jaya dahulunya di bumi ranah minang.(Basriandi Abbas)

Subscribe to receive free email updates: