Taman Hutan Raya Juanda di Bandung

Advertisement.
Taman Hutan Raya Juanda di Bandung - Sebuah kawasan konservasi perpaduan antara alam sekunder dan hutan tanaman yang berjenis Pinus atau Pinus merkusil yang berlokasi di Sub-DAS Cikapundung, DAS Citarum dan membentang mulai dari Curug Dago, Dago Pakar sampai ke Maribaya yang merupakan salah satu bagian dari kelompok hutan di Gunung Pulosari, membuat Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini menjadi sangat cocok sebagai sebuah lokasi pariwisata alam dan juga sebagai salah satu sarana tempat untuk pengembangan lingkungan dalam aspek pendidikan.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda adalah bagian dari kawasan cekungan di Bandung, yang memiliki latar belakang sejarah dan sangat erat kaitannya dengan jaman purba sampai sekarang. Secara geologis kawasan ini telah mengalami perubahan yang disebabkan gejolak alam dalam ketika pembentukan alam semesta.
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini pada awalnya adalah bagian areal kelompok Hutan Lindung yang terdapat di Gunung Pulosari yang kemudian berubah fungsi menjadi sebuah Taman Wisata Alam (TWA) Curug Dago berdasarkan Surat dari Keputusan Menteri Pertanian Nomor 575/kpts/Um/8/1980.

Pada Tanggal 14 Januari 1985 yang berpapasan dengan kelahiran dari Bapak Ir. H. Djuanda, kemudian TWA Curug Dago secara resmi telah berubah fungsi kembali menjadi sebuah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang juga merupakan Taman Hutan Raya (TAHURA) yang pertama di Indonesia, hal ini berdasarkan dari Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3/M/1985 pada tanggal 12 Januari 1985 tentang Penetapan Taman Wisata Alam Curug Dago yang berubah menjadi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Selengkapnya tentang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dapat Anda baca di tahuradjuanda.jabarprov.go.id

Subscribe to receive free email updates: