Daftar Tempat Wisata di Sumedang Jawa Barat

Advertisement.
Daftar Tempat Wisata di Sumedang Jawa Barat - yoshiewafa - Sebuah kota di Jawa Barat yang terkenal dengan tahu sumedang yang banyak diminati wisatawan untuk di jadikan oleh-oleh khas Sumedang. Kawasan kota dan kabupaten sumedang di keliling oleh wilayah besar seperti Indramayu di Utara, Majalengka di Timur, Garut di Selatan, Bandung di Barat Daya, serta Subang di Barat. Potensi wisata di sumedang bisa dikatakan cukup menarik untuk di kunjungi dan cukup banyak yang dapat Anda jadikan destinasi wisata saat ke Sumedang.

Objek wisata sumedang yang populer dan banyak diminati oleh wisatawan seperti curug Sindulang yang indah dan sangat disayangkan jika terlewatkan jika Anda sedang berwisata ke Sumedang, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia. Selain termpat wisata tersebut masih banyak lagi Wisata Sumedang yang bisa Anda kunjungi, diantaranya sebagai berikut.

Curug Sindulang
Curug Sindulang
Curug Sindulang
Curug Sindulang adalah sebuah curug kembar dengan ketinggian kurang lebih sekitar 30 m, dengan memiliki hawa yang sejuk serta pemandangan alam yang indah. Lokasi Curug sindulang di Desa Sindulang dan merupakan sebuah obyek wisata alam air terjun yang terdapat diperbatasan antara Kab. Bandung dengan Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Walaupun letaknya berada diantara dua kabupaten, namun secara administratif Curug Sindulang terletak di Desa Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang. Curug Sindulang adalah salah satu obyek wisata yang sangat berpotensi dan mempunyai panorama alam yang masih asri. Untuk menuju Curug ini Anda dapat melewati jalan Cicalengka (Bandung) dengan jurusan Cicalengka Leuwiliang.

Kampung Toga
Kampung Toga
Kampung Toga
Kampung Toga memang disediakan untuk Kawasan Wisata dengan suasana lingkungan seluas kawasan hutan kota dan terdapat berbagai macam fasilias yang lengkap Lokasi Kampung Toga terletak sekitar 2 KM dari pusat kota Sumedang dan berada di daerah perbukitan yang alami dengan nuansa yang asri, dari puncak bukit Toga akan terlihat hamparan pesawahan, dan perkebunan dengan panorama khas parahyangan.

Lokasi : Jalan Makam Cut Nyak Dien, Gunung Puyuh Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, KAMPUNG TOGA sekitar 2 km dari pusat pemerintahan, Kabupaten Sumedang, dengan ketinggian 650 DPL
Koordinat : S 06.52.35.1, E 107.54.34.5
Telepon : 0261 - 206567
Info Lebih lanjut kunjungi website : kampungtoga.com

Sumber Air Panas Sekarwangi
Sumber Air Panas Sekarwangi
Sumber Air Panas Sekarwangi
Wisata Alam Cipanas Sumber Air Panas Sekarwangi dapat ditempuh menggunakan semua jenis alat transportasi, baik kendaraan pribadi ataupun umum dengan rute Sumedang - Conggeang - Buahdua. Di tempat ini ada sebuah sumber mata air panas yang alami dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas lain seperti penginapan dan lain-lain. Anda dapat menikmati kenyamanan mandi dengan air panas alami di sini, serta rasakan juga khasiatnya yang menyegarkan sekaligus dapat meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh Anda.
Lokasi : Desa Sekarwangi, Kecamatan Buah Dua
Koordinat : 6° 43' 54" S, 107° 59' 43" E
Arah : 19 km arah utara Kota Sumedang, di kaki Gunung Tampomas.

Pemandian Cipanas Cileungsing
Pemandian Cipanas Cileungsing
Wisata Pemandian Alam Cipanas Cileungsing terletak tidak terlalu jauh dari Cipanas Sekarwangi. Sumber mata air panasnya memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, sehingga sering digunakan sebagai salah satu media pengobatan.
Lokasi : Desa Cilangkap, Kecamatan Buah Dua
Koordinat : 6° 43' 32" S, 107° 58' 31" E
Arah : Sekitar 15 Km dari pusat Kota Sumedang

Museum Prabu geusan Ulun - Pusat Kota Sumedang
Masjid Besar Tegal kalong - Jalan Haji Suleiman. Kampung Kaum, Kel. Talun, Sumedang Selatan
Gunung Kunci - Sekitar 250 m di sebelah barat alun-alun Kota Sumedang
Makam Dayeuh Luhur - Desa Dayeuh Luhur
Makam Embah Jayaperkosa - Desa Dayeuh Luhur
Makam Tjut Nya Dien - Gunung Puyuh, Kota Sumedang
Monumen Lingga - Di tengah Alun-alun Kota Sumedang

Pesarean Gede - Kampung Pesarean, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang

Serta Wisata Budaya dan Kesenian Sumedang sebagai berikut :
  1. Upacara Adat Ngalaksa
  2. Bangreng
  3. Reak
  4. Kuda Renggong
  5. Goong Renteng
  6. Alat Musik Jentreng
  7. Stek Orkes
  8. Tari Sampiung
  9. Genggong
Cukup menarik bukan untuk menjadi salah satu destinasi wisata Anda ketika berkunjung ke wisata Sumedang Jawa Barat? Tentunya yoshiewafa selalu memberikan informasi wisata lokal yang menarik di Indonesia. Materi refrensi kami dapat dari id.wikipedia.org dan disparbud.jabarprov.go.id dengan bantuan google.com dengan foto yang di ambil dari disparbud.jabarprov.go.id. Sekian terima kasih semoga bermanfaat untuk Anda ^_^.

Subscribe to receive free email updates: