Museum Pos Indonesia - Jl. Cisanggarung Bandung

Advertisement.
Museum Pos Indonesia - Jl. Cisanggarung Bandung - yoshiewafa - Museum Pos Indonesia yang terletak di Bandung, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia ini sudah berdiri sejak masa Hindia Belanda dengan nama PTT (Pos Telegraf dan Telepon). Pada tahun 1931 sudah dibuka Museum PTT yang berada dibagian sayap kanan bawah, Gedung Kantor Pusat PTT di jalan Cilaki no. 55 (kalau sekarang no. 73) Bandung. Koleksi yang dimiliki Museum PTT ini terdiri dari berbagai macam jenis prangko-prangko yang berasal dari berbagai penjuru negara.

Karena terjadinya pergolakan revolusi dan perang pada masa kemerdekaan, keberadaan Museum PTT ini tidak mendapatkan perhatian sebagaimana mestinya, bahkan sudah nyaris terlupakan.

Kemudian pada tanggal 27 september 1983 waktu yang bersamaan dengan hari bakti postel ke - 38 museum ini dibuka untuk umum secara resmi oleh Menparpostel waktu itu, Bpk Achmad Tahir yang kemudian diberi nama Museum Pos dan Giro.

Museum Pos Indonesia
Koleksi yang terdapat di museum ini meliputi prangko - prangko yang berasal dari berbagai negara serta berbagai benda - benda bersejarah lainnya dalam perjalanan Pos Indonesia. Kemudian pada tanggal 19 juni 1995 nama dan status perusahaan berubah kembali dari yang awalnya Perum Pos Dan Giro menjadi PT Pos Indonesia, karena hal itu nama museum ini juga berubah menjadi Museum Pos Indonesia.

Museum Pos Indonesia ini terletak di jalan Cilaki No 73 Bandung, 40115. Lokasi museum ini juga berdekatan dengan Gedung Sate, Museum Geologi, Monumen Perjuangan. Untuk bisa masuk kesini terdapat dua buah cara yaitu bisa langsung melalui jalan Cilaki yang kemudian memasuki koridor gedung kantor pusat PT Pos Indonesia atau dapat melewati jalan Cisanggarung melalui Taman Kantor Pusat PT Pos Indonesia.

Waktu buka Museum Pos Indonesia : 09.00 sampai dengan 16.00 (setiap hari kecuali hari besar )

Untuk Anda yang ingin menuju tempat ini dengan menggunakan angkot dapat memilih dari berbagai jurusan seperti berikut :
  1. angkot jurusan Riung Bandung  - Dago
  2. angkot jurusan Cicaheum - Ciroyom 
  3. angkot jurusan Ciroyom - Cikudapateuh
  4. angkot jurusan Cicaheum - Ciwastra
Koleksi yang dipamerkan di Museum ini sebagai berikut :
  1. Foto foto, dokumen dokumen, piagam serta warkat - warkat yang berkaitan dengan Pos Indonesia beserta perkembangan yang dihimpun dalam Ruang Sejarah
  2. Prangko - prangko, Souvenir sheet, Sampul hari pertama, Katalog prangko, Perlengkapan filateli dan benda filateli lainnya yang dihimpun dalam Ruang Filateli
  3. Maket kantor pos, Bis  surat, Cap tanggal, Pakaian seragam, Timbangan surat, Kantong pos dan peralatan lainnya yang dipergunakan dalam proses pengiriman pos yang dihimpun dalam Ruang Peralatan
Sumber info : 8m.com

Subscribe to receive free email updates: