Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol Bogor

Advertisement.
Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol Bogor - yoshiewafa - Merupakan sebuah lokasi yang perannya adalah sebagai salah satu tempat untuk mengenalkan akan kekayaan alam hutan hujan tropis pada masyarakat umum dan juga masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). PPKAB ini sendiri terbentuk atas prakarsa dari tiga lembaga, yaitu adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Conservation International Indonesia (CII), dan juga Yayasan Alam Mitra Indonesia (ALAMI). PPKAB sudah mulai diperkenalkan secara umum pada masyarakat luas pada tahun 1998.

Karakteristik kawasan Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol ini lokasinya berada pada ketinggian 800 diatas permukaan laut, merupakan salah satu area atau zona pemanfaatan yang berada didalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, perannya dapat menopang keragaman hayati yang tinggi. Beberapa macam jenis tumbuhan yang berbunga, tumbuhan untuk obat, tanaman hias bisa ditemukan didalam kawasan ini dan beberapa termasuk didalamnya adalah satwa endemik jawa, Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) dan owa jawa (Hylobates moloch).
Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol di Bogor
Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol di Bogor
Sistem dari Pengelolaan Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

Selain sebagai sebuah lokasi pendidikan konservasi alam, PPKAB juga memiliki peran sebagai kawasan penelitian serta ekowisata yang terbatas. Dalam jalur ini terdapat sebuah rangkaian point of interests yang berupa fenomena-fenomena dari hutan hujan tropis. Dengan dibantu oleh pemandu, pengunjung akan diajak untuk lebih memahami karakteristik hutan hujan tropis. Dalam jalur ini pula, pemandu dari PPKAB juga akan membawakan permainan-permainan yang bernuansakan alam yang akan menambah khazanah ilmu pengetahuan bagi para pengunjung.

PPKAB ini dikelola oleh Badan Pengelola Harian (BPH) yang merupakan sebuah unit manajemen yang terdiri atas komponen Taman Nasional, Masyarakat serta Volunteer di Bodogol. Unit manajemen ini telah mendapatkan mandat secara luas untuk melaksanakan berbagai program-program pendidikan konservasi, penelitian dan juga ekowisata di PPKAB, yang sebelumnya sudah digariskan dalam Garis Besar Haluan Kerja. Garis Besar dari Haluan Kerja ini sebelumnya sudah dirumuskan oleh Konsorsium. BPH secara rutin akan memberikan laporan berupa pertanggungjawaban kepada semua anggota konsorsium.
Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol di Bogor
Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol di Bogor
Alamat Lokasi Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol di Bogor

Jl.Raya Bogor - Lido, Resort PPKAB - Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol di Bogor, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

PPKAB : Elan (08561343854), Ridwan (085697028756) telp/fax 02518224963

Email : ppkab@yahoo.co.id

Untuk informasi tentang PPKB secara lebih lengkap dapat Anda baca langsung dari sumbernya > klik disini

Tentang Bogor :

Tempat wisata di Bogor
Tempat wisata Menarik di Bogor

Subscribe to receive free email updates: