Keindahan Pesona Alam di Taman Nasional Gunung Rinjani

Advertisement.
Keindahan Pesona Alam di Taman Nasional Gunung Rinjani - yoshiewafa - Mayoritas obyek wisata Gunung memiliki nuansa alam yang indah dan membuat siapapun yang berkunjung menjadi terpesona. Walaupun tidak semua gunung dapat dijadikan obyek pariwisata karena kebanyakan gunung di Indonesia adalah gunung berapi aktif. Namun jika sudah di kelola oleh badan kehutanan atau pemerintah setempat dan dipromosikan sebagai obyek wisata, barulah bisa dikunjungi oleh wisatawan. Gunung Rinjani merupakan salah satu obyek pariwisata alam di Indonesia yang populer dan terkenal akan keindahannya.

Obyek wisata Gunung yang terkenal di Indonesia seperti Gunung Bromo, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Rinjani, Gunung Kelimutu, Gunung Ijen dan masih banyak lagi lainnya menjadi daya tarik tersendiri bagi yang suka dengan pegunungan. Kali ini yoshiewafa akan sedikit mengulas tentang Gunung Rinjani dan keindahan alamnya untuk Anda yang ingin berkunjung.

Lokasi Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani juga merupakan gunung berapi yang tertinggi kedua di Indonesia dan ketinggiannya kurang lebih 3.726 m diatas permukaan air laut. Gunung Rinjani merupakan gunung yang menjadi favorit bagi para pendaki Indonesia karena memiliki pemandangan yang begitu indah. Gunung ini termasuk dalam Taman Nasional Gunung Rinjani yang mempunyai luas sekitar 41.330 ha dan sedang diusulkan untuk penambahan luasnya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur. Secara administratif lokasi gunung ini masi berada dalam wilayah tiga kabupaten yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
Di bagian barat dari kerucut Rinjani ada kaldera dengan luas kurang lebihnya sekitar 3.500 m × 4.800 m, yang memanjang ke arah timur serta barat. Di kaldera ini juga terdapat Segara Anak (segara = laut, danau) seluas 11.000.000 m persegi yang memiliki kedalaman sekitar 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk sebuah air terjun yang sangat indah, mengalir dan melewati jurang yang sangat curam. Di Segara Anak juga banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga tempat ini sering digunakan untuk memancing. Bagian selatan dari danau ini disebut dengan nama Segara Endut.

Pendakian ke puncak Gunung Rinjani adalah salah satu objek wisata yang sudah menjadi andalan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Sebagai gunung vulkanik yang masih aktif dan menjadi nomor 2 tertinggi di Indonesia. Puncak Gunung Rinjani adalah tujuan dari sebagian besar para petualang dan para pencinta alam yang mengunjungi kawasan wisata ini karena jika telah berhasil mencapai puncak itu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri.
Gunung Rinjani
Pemandangan di puncak Gunung Rinjani
Animo komunitas dari pencinta alam di seluruh nusantara bahkan juga dari mancanegara dalam kegiatan pendakian cukup besar, hal ini sudah terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah pengunjung yang melakukan pendakian setiap tahunnya. Kegiatan pendakian secara besar-besaran dilakukan pada bulan Juli sampai dengan Agustus, pada bulan Agustus (pertengahan) peserta pendakian pada umumnya didominasi oleh kalangan pelajar/mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia yang ingin merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Puncak Gunung Rinjani serta Danau Segara Anak melalui kegiatan "Tapak Rinjani" yang diadakan secara rutin di setiap tahunnya oleh salah satu kelompok pencinta alam di Pulau Lombok yang bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Subscribe to receive free email updates: