Objek Wisata Sumatera Barat - Jembatan akar

Advertisement.
Objek Wisata Sumbar - Jembatan akar - Setelah beberapa hal yang melelahkan yaitu membuat template blogger beserta tutorialnya dan berbagi pengalaman tentang cara menenangkan kegundahan hati, mari kita berwisata lagi dan terbang dari Medan Sumatera Utara menuju ke kawasan Kecamatan bayang yang terletak di Sumatera Barat. Refresing dahulu melihat-lihat alam sekitar kita dan keindahan alam yang di ciptakan oleh Yang Maha Kuasa. Jembatan akar di kecamatan Bayang merupakan tempat wisata bahari yang menarik bagi pecinta wisata alam seperti saya. Suka menikmati kehidupan dengan melihat keindahan alam Indonesia tercinta ini. walaupun tidak jauh-jauh dari rumah dan hanya di sekitar propinsi saja.
Jembatan akar di Kecamatan Bayang Sumatera Barat
Jembatan akar yang ada di kecamatan Bayang mempunyai potensi wisata bahari dengan pantai yang sangat indah dan patut untuk di lestarikan. bukan hanya tempat wisatanya yang menarik melainkan Jembatan akar ini mempunyai sebuah nilai sejarah yang juga tidak kalah menariknya. Dari cerita yang sudah banyak beredar, awal mula dari terbentuknya jembatan akar merupakan sebuah hasil karya dari seorang ulama bernama Pakih Sokan pada sekitar tahun 1916. Pada ceritanya Pakih Sokan sangat prihatin melihat keadaan  dari murid-muridnya yang mengaji di tempat beliau kesulitan untuk pergi mengaji dikarenakan Sungai atau Batang Bayang terkena air bah. Walaupun sudah ada jembatan bambu, sungai tersebut masih tetap sulit untuk diseberangi karena jembatan bambu tersebut sering kali hanyut terbawa air bah.
Jembatan akar di Kecamatan Bayang Sumatera Barat
Kemudian Pakih Sokan memiliki Inisiatif untuk menanam dua buah pohon beringin pada kedua sisi sungai. Seiring waktu berjalan dengan bertambah tingginya kedua pohon yang sudah di tanam, Pakih Sokan kemudian melilitkan akar-akarnya pada sebuah jembatan bambu yang sering digunakan untuk melintasi Batang Bayang. Semakin lama kedua pohon tersebut semakin membesar sehingga akar-akarnya terjalin atau terlilit dengan kokoh sampai membentuk sebuah jembatan yang masih dapat digunakan sampai sekarang.
Jembatan akar di Kecamatan Bayang Sumatera Barat
Tempat ini disebut Jembatan Akar karena jembatan ini memang terbuat dari akar-akar yang dijalin dan saling berhubungan sampai membentuk sebuah jembatan yang berasal dari dua pohon yang letaknya berseberangan dan dipisahkan oleh sungai. Jembatan Akar ini cukup kuat dan dapat digunakan oleh orang-orang yang ingin menyeberangi sungai. Dahulunya, Jembatan Akar ini murni terbuat dari akar-akar yang dijalin atau di hubungkan sampai membentuk jembatan. Akan tetapi karena faktor usia dan terlalu seringnya orang berlalu-lalang untuk melewatinya, jembatan ini kemudian diperkuat dengan dipasang sebuah kawat yang berbahan baja di kedua sisinya.

Subscribe to receive free email updates: