Penangkaran Rusa Ranca Upas di Ciwidey

Advertisement.
Penangkaran Rusa Ranca Upas - Ciwidey merupakan Salah satu tempat wisata yang dapat Anda kunjungi ketika liburan ke kawasan Ciwidey, Bandung. Berjarak sekitar 170 km dari pusat kota Bandung dan memiliki keindahan nuansa alam yang mempesona. Lokasinya berada di kawasan wisata bumi perkemahan Ranca Upas, Bandung Selatan.

Jalan menuju objek wisata ini terbilang baik karena sudah aspal, letaknya tidak jauh dari perkebunan teh Rancabali yang berada di kaki Gunung Patuha, Kawah PutihCiwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia. Disini Anda dapat melihat rusa secara lebih dekat dan secara langsung, bahkan Anda juga memiliki kesempatan untuk memberi makan Rusa-rusa tersebut yang jumlahnya sekitar 16 ekor.

Bumi Perkemahan Ranca Upas bisa Anda tempuh dengan menggunakan mobil dan memakan waktu kurang lebih selama 2 jam jika dari kota Bandung. Sejak tahun 1980 an, salah satu tempat wisata di Bandung ini sudah menjadi sebuah tempat rekreasi dan perkemahan.
Penangkaran Rusa Ranca Upas di Ciwidey
Penangkaran Rusa Ranca Upas di Ciwidey
Salah satu keunikan rusa yang ada disini, begitu mendengar tanda dari pawang, rusa-rusa tersebut akan datang dan keluar dari tempat persembunyian, selain memakan rumput dan meminum air, rusa juga menyukai makanan umbi-umbian, seperti halnya ubi dan singkong. Waktu makan rusa-rusa di Ranca Upas ini adalah setiap pukul 2 siang.

Kalau bukan waktunya makan, rusa-rusa disini tidak akan keluar, mereka bersembunyi di bawah rimbunnya semak semak. Rusa jantan memiliki tanduk panjang dan juga lebih sering menampakan diri. Sedangkan untuk rusa betina, tidak mempunyai tanduk dan lebih sering bersembunyi bersama dengan anak-anaknya.

Rusa yang ada disini jinak kepada para pengunjung. Karena itu, pengunjung yang datang kesini dapat leluasa untuk memberikan mereka makan. Setiap tahunnya rusa yang ada di kawasan ini akan bertambah satu ekor.

Pengunjung yang datang kesini tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan dan udara yang sejuk, akan tetapi juga bisa lebih mengenal rusa yang ada dalam penangkaran rusa di tempat ini. Selamat Liburan (yoshiewafa)

Subscribe to receive free email updates: