Istana Bogor di dalam Kebun Raya Bogor

Advertisement.
Istana Bogor di dalam Kebun Raya Bogor - yoshiewafa - Sebuah istana yang ada di dalam lingkungan Kebun Raya Bogor ini adalah salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang memiliki keunikan sendiri karena mempunyai nilai dalam aspek historis, kebudayaan, dan juga faunanya. Salah satunya seperti keberadaan dari rusa-rusa yang sengaja didatangkan langsung dari Nepal dan dari dahulu kala sampai sekarang tetap terjaga.

Sekarang ini sudah menjadi trend dari warga masyarakat Bogor dan sekitarnya pada setiap hari Sabtu, Minggu, maupun hari-hari libur lainnya berjalan-jalan di lingkungan sekitar Istana Bogor sambil memberikan makanan para rusa-rusa yang indah dan hidup di halaman dari Istana Bogor dengan memberikan wortel yang diperoleh dari para petani tradisional yang juga warga Bogor dan selalu siap untuk menyediakan wortel-wortel tersebut pada setiap hari libur. Seperti nama dari Istana ini, istana Bogor ini lokasinya terdapat di kawasan kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Walaupun sekarang ini berbagai macam kegiatan kenegaraan sudah tidak dilakukan lagi disini, masyarakat umum diperbolehkan untuk mengunjungi secara rombongan, dengan syarat sebelumnya sudah meminta izin ke Sekretaris Negara, c.q. yang merupakan Kepala Rumah Tangga Kepresidenan.

Jika Anda sedang berkunjung ke Kebun Raya Bogor, pastinya Anda tidak dapat melepas pandangan mata dari Istana Bogor, kediaman resmi dari Presiden Republik Indonesia. Jangankan hanya sekedar melihat saja, Anda juga bisa masuk ke dalam Istana Bogor.

Kemegahan dari Istana Bogor tidak hanya bisa Anda lihat dengan mata dari luar maupun dari dalamnya Kebun Raya Bogor. Kediaman dari Presiden RI ini juga terbuka untuk umum dan bagi para wisatawan yang ingin datang berkunjung dan melihat-lihat apa saja yang ada di dalam istana megah ini.
Istana Bogor di dalam Kebun Raya Bogor
Istana Bogor di dalam Kebun Raya Bogor
Untuk dapat memasuki Istana Bogor, ada beberapa aturan dan juga syarat yang harus Anda urus terlebih dahulu sebelumnya. Prosedur untuk dapat masuk ke Istana adalah melalui gerbang yang terdapat di sebelah Gereja Zebaoth yang ada di Jalan Juanda.

Secara singkatnya, untuk dapat memasuki Istana Bogor, terlebih dahulu yang harus Anda lakukan adalah mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Sekretariat Presiden RI yang ada di Jakarta atau Kepala Istana Bogor yang ada di Bogor. Dalam surat permohonan tersebut juga harus dilampirkan daftar dari nama-nama pengunjung yang ingin masuk dan fotokopi identitasnya masing-masing.

Untuk dapat berkunjung, setidaknya Anda harus membawa satu rombongan yang terdiri dari 25 orang. Jika pergi sendirian saja, Anda diharuskan untuk membawa surat legalisasi dari pejabat kantor kelurahan setempat. Paling lambat surat sudah harus diterima oleh pihak Istana dalam sepekan sebelum kunjungan Anda dan izin akan diberikan setidaknya tiga hari sebelum kunjungan, jangka waktu segitu adalah yang paling cepat.

Selain dengan cara tersebut, Istana Bogor juga akan dibuka untuk umum pada waktu Hari Jadi Kota Bogor, yaitu pada tanggal 3 Juni di setiap tahunnya. Akan tetapi, Anda juga diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu di Kantor Disbudpar Bogor, dan antri terlebih dahulu sebelum memasukinya.

Di kawasan sekitar Istana Bogor, Anda dapat melihat ratusan rusa-rusa yang hidup di tamannya, juga terdapat patung-patung cantik yang menghiasi pekarangan di sekitarnya. Jika Anda tidak mau repot untuk mengurusi persyaratan masuk kedalam Istana, Anda hanya dapat melihatnya dari luar sampai puas, dari arah Jalan Juanda maupun dari dalam Kebun Raya Bogor.

Sekarang ini Istana Bogor menjadi bagian dari tempat wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi bersama dengan rombongan, ya walaupun cara untuk masuknya sedikit rumit tapi setidaknya Anda yang sedang liburan kesini dapat berkeliling di Kebun Raya Bogor yang sangat luas sekali. di Bogor Anda juga dapat berwisata ke Puncak Bogor yang sudah sangat populer sekali dan banyak dikunjungi oleh artis-artis Indonesia. yoshiewafa selamat liburan ke Istana Bogor!!

Subscribe to receive free email updates: