Saung Angklung Udjo Bandung

Advertisement.
Saung Angklung Udjo Bandung - Merupakan sebuah tempat pertunjukan, dan pusat kerajinan tangan yang terbuat dari bambu, serta workshop instrumen musik yang berasal dari bambu. Selain itu, SAU memiliki tujuan sebagai sebuah laboratorium pendidikan dan menjadi pusat belajar untuk memelihara kebudayaan khas Sunda, khususnya angklung.

Tempat ini didirikan oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati pada tahun 1966, dengan maksud dan tujuan untuk melestarikan serta memelihara seni dan kebudayaan tradisional khas Sunda. Tempat ini Berlokasi di Jalan Padasuka 118, Bandung Timur, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia. Suasana yang ada di tempat ini memiliki udara yang segar dan dikelilingi oleh banyak pohon-pohon bambu, kerajinan yang terbuat dari bambu dan interior bambu sampai dengan alat musik yang terbuat dari bambu.
Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo

Pertunjukan rutin Saung Angklung Udjo diadakan setiap sore, dan Saung Angklung Udjo ini telah berkali-kali mengadakan sebuah pertunjukan khusus yang dilaksanakan pada pagi ataupun siang hari. Pertunjukkan tersebut tidak sebatas di lokasi Saung Angklung Udjo saja, namun juga di berbagai undangan dan tampil di berbagai macam tempat baik iatu di dalam ataupun di luar negeri, pada tahun 2000 tepatnya di bulan Agustus pada Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung, Saung Angklung Udjo pernah mengadakan sebuah konser kolaborasi dengan seorang penyanyi cilik yang biasa dijuluki Shirley Temple-nya Indonesia, yaitu Sherina yang sekarang sudah beranjak dewasa.

Saung Angklung Udjo tidak hanya mempertunjukan seni kebudayaan saja, melainkan berbagai jenis produk alat musik yang terbuat bambu tradisional (angklung, arumba, calung dan lain sebagainya) dijual kepada para pembeli yang berminat dengan alat musik bambu tersebut.

Akses untuk menuju Saung Angklung Udjo

Untuk dapat mencapai tempat ini, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, pilih arah menuju cipularang. Kemudian naik ke jembatan layang, mengikuti papan petunjuk ke arah Cicaheum. Berjarak sekitar 100 meter sebelum Terminal Cicaheum, mengikuti papan petunjuk uutuk menuju Jalan Padasuka. Dan Anda akan menemui sebuah petunjuk menuju lokasi.

Anda juga bisa mencapai Saung Angklung Udjo dengan menggunakan angkutan umum. Dari Surapati, pilihlah angkutan umum 06 dengan jurusan Cicaheum-Ciroyom (arah menuju Cicaheum). Kemudian turun di perempatan Padasuka (sekitar 100 meter sebelum Cicaheum), dapat lanjutkan dengan hanya berjalan kaki atau menaiki ojek untuk menuju Saung Udjo (sekitar 500 meter).

Artikel Rewrite dari : Wikipedia.org

Pesan : Paket Wisata Bandung

Subscribe to receive free email updates: