Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi

Advertisement.
Objek Wisata Pantai Pelabuhan Ratu yang berada di Sukabumi, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia ini merupakan sebuah tempat wisata yang berada di pesisir Samudra Hindia bagian selatan propinsi Jawa Barat. Lokasinya berada sekitar 60 km menuju ke arah selatan dari pusat Kota Sukabumi.

Pantai Pelabuhan Ratu ini terkenal mempunyai ombak yang sangat kuat dan karena hal itulah pantai ini berbahaya untuk perenang pantai. Topografi pantai ini berupa perpaduan antara pantai yang begitu curam dan landai, tebing karang yang terjal, hempasan ombak, dan juga hutan cagar alam.

Karena Pantai Pelabuhan Ratu memiliki daya tarik tersendiri, Presiden Soekarno pun mendirikan tempat peristirahatannya pada tahun 1960 di Tenjo Resmi. Selain itu, atas inisiatif dari Soekarno juga didirikan Samudera Beach Hotel, yang merupakan salah satu hotel mewah yang pertama dibangun di Indonesia pada kurun waktu yang hampir sama dengan Hotel Indonesia, Toko Serba Ada "Sarinah", dan Bali Beach Hotel, yang semuanya menggunakan dana rampasan perang dari Jepang.

Selain di daerah ini terdapat hotel besar dan mewah juga terdapat sejumlah hotel dan losmen kecil, Pondok Dewata resor merupakan salah satu villa mewah yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tidak terlalu jauh dari Pantai Palabuhanratu juga terdapat beberapa lokasi objek wisata lainnya.

Pantai Karanghawu lokasinya berada sekitar 21 km dari pusat kota Palabuhanratu. Pantai-pantai lain yang terdapat di sekitar daerah ini antara lain seperti Pantai Break Cibareno, Cibangban, Cimaja, Citepus, Water, Kebon Kelapa, dan Tenjo Resmi.
Pantai Samudera Beach Pelabuhan Ratu
Pantai Samudera Beach Pelabuhan Ratu
Berjarak Sekitar 17 km dari Pantai Palabuhanratu juga terdapat sumber air panas yang lokasinya berada di Cisolok, air panasnya mengandung belerang yang tinggi dan berguna untuk kesehatan serta pengobatan.

Di sekitar Palabuhanratu, kurang lebih terdapat sembilan titik lokasi yang tepat untuk berselancar, yaitu di Batu Guram, Cimaja, Indicator, Karang Sari, Samudra Beach, Karang Haji, Sunset Beach, Ombak Tujuh sampai Ujung Genteng. Masing-masing pantai memiliki ciri khas ombak dengan karakteristiknya sendiri.

Tidak kalah menariknya dengan Pantai Pangandaran yang menjadi pantai terindah di pulau Jawa, untuk Anda yang berada di Jawa Barat dan ingin berwisata menuju Pantai, Pantai Pelabuhanratu dapat Anda jadikan alternatif liburan menyenangkan. Walaupun tidak seterkenal pantai yang ada di Pulau Bali, akan tetapi objek wisata pantai yang satu ini benar-benar memiliki potensi yang bagus. Selamat Liburan ke Pantai!! (yoshiewafa).

Subscribe to receive free email updates: