Pesona Alam Perkebunan Teh Gambung di Ciwidey

Advertisement.
Pesona Alam Perkebunan Teh Gambung - Salah satu daya tarik dari kota Bandung adalah terdapat banyak sekali hamparan perkebunan teh yang menghijau dengan areal yang luas dan indah dipandang mata, Jalan-jalan ke kota Bandung Selatan atau di kawasan Ciwidey banyak sekali tempat wisata menarik yang dapat Anda kunjungi, banyak orang setiap harinya yang liburan ke kota kembang Bandung ini untuk refresing.

Selain di ciwidey terdapat perkebunan teh Rancabali juga terdapat Perkebunan teh Gambung yang masih dalam lingkungan tempat wisata di Bandung. Pemandangannya indah dan suasanyannya nyaman. Selain sebagai sebuah industri agro yang dikelola untuk memenuhi kebutuhan industri komersial Perkebunan Teh Gambung juga dikelola untuk dijadikan tujuan agro-wisata ilmiah. Salah satunya adalah dengan adanya wisata Ngebekong.

Ngabekong adalah istilah dari bahasa sunda yang artinya menyimpan tanaman-tanaman muda sebelum ditanamkan ke ladang. Yang menyusun atraksi wisata semacam ini adalah Rumah Pintar Satoe dan Pusat Penelitian Teh serta Kina Gambung (The Research Institute for Tea and Cinchona) yang akan mengajak anak-anak untuk menelusuri bagaimana prosesi bercocok tanam teh secara khusus dan lebih mendetil.
Pesona Alam Perkebunan Teh Gambung
Pesona Alam Perkebunan Teh Gambung
Melalui program ini anak-anak akan mengenal bagaimana sebuah sayuran yang biasanya mereka konsumsi itu dapat tumbuh dan berkembang. Dimulai dengan benih, lalu ditanam di ladang, dipetik, sampai pada sebuah simulasi jual-beli antara seorang petani dengan pembelinya.

Adapun anak-anak yang berkunjung ke wisata ini akan diajari tentang bagaimana caranya menanam berbagai macam sayuran, misalnya seperti buncis, cabai, kacang-kacangan, paprika, ataupun mengolah teh. Untuk Anda yang ingin Ngabekong teh di Perkebunan teh Gambung, Anda juga dapat melihat produksi teh secara langsung.

Lokasinay berada di lereng Gunung Tilu, dan terletak diantara dua wilayah perkebunan teh Jawa Barat Malabar dan Patuha, Anda yang berkunjuntg akan diajari mulai dari bagaimana caranya memetik teh yang baik dan benar, dapat menyaksikan proses penimbangan teh di kebunnya langsung, pelayuan, pengeringan, dan penggilingan. Setelah selesai Ngabekong, Anda juga dapat memboyong oleh-oleh hasil panen, media tanaman, benih, tanah, ataupun pupuk organik yang dapat Anda bawa pulang ke rumah.

Subscribe to receive free email updates: