Tempat Liburan Baru di Bandung, Dusun Bambu

Advertisement.
Tempat Liburan Baru di Bandung, Dusun Bambu - yoshiewafa - Kawasan wisata ini sangat cocok untuk Anda jadikan pilihan liburan bersama dengan keluarga maupun rekan kerja. Akan jauh lebih seru jika berkunjung ke Dusun Bambu di Bandung ini bersama dengan rombongan banyak. Obyek wisata yang satu ini masih Baru di Bandung setelah Bandung menghadirkan Trans Studio Bandung dan Floating Market Lembang, sekarang hadir kembali dengan obyek wisata baru yang tidak kalah seru nya, yaitu Dusun Bambu.

Memang pantas kalau Bandung menjadi kota wisata karena memiliki banyak sekali kawasan wisata yang terkenal dan sampai sekarangpun masih terus berkembang dan semakin berkembang. Banyak wisatawan asal Jakarta yang seolah tidak ada bosannya untuk berwisata ke Bandung, lebih dari itu tidak sedikit pengunjung asal Sumatera maupun negara tetangga yang ingin berwisata ke Bandung untuk berkunjung ke Kawah Putih, Gunung Tangkuban Perahu dan banyak lagi tempat wisata di Bandung lainnya.

Banyak orang kota yang menyukai nuansa dan suasana klasik serta alami karena sudah merasa bosan dengan suasana kota yang sering macet dan banyak polusi. Dusun Bambu yang berada di Cisarua masih tergolong tempat wisata yang masih baru di Bandung dapat Anda jadikan salah satu pilihan untuk berlibur di Bandung sewaktu merasa penat dengan kesibukan sehari-hari. Anda bisa berkunjung kesini bersama rombongan dengan cara sewa bus di Bandung.
Dusun Bambu, Family Leisure Park
Dusun Bambu, Family Leisure Park
Foto oleh : travel.detik.com
Tidak ada habisnya Bandung menawarkan tempat liburan yang menarik. Sekarang telah hadir sebuah obyek wisata baru yang memiliki konsep ekowisata di Bandung utara, yaitu Dusun Bambu. Lokasinya berada di Kampung Cijanggel, Desa Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat. Letaknya berjarak sekitar 10 kilometer jika dari Terminal Ledeng di Jalan Setiabudi dan tidak jauh dari obyek wisata alam Curug Cimahi.

Ketika memasuki area wisata Dusun Bambu ini, Anda akan merasakan nuansa yang berbeda. Seperti layaknya suasana perkampungan Sunda pada zaman dahulu, Anda akan dibawa mulai dari hamparan sawah berundak-undak serta danau kecil, kemudian masuk ke area villa yang rimbun dan hijau. Luas lahan yang ditempati Dusun Bambu ini sekitar 15 hektar, akan tetapi bangunannya hanya sekitar 5.100 meter persegi saja atau sekitar 3 persen. Areal wisata yang unik dan menarik ini diisi dengan tempat penginapan, restoran dan kafe, tersedia juga area untuk bermain anak dan camping ground.
Dusun Bambu, tempat wisata baru di Bandung
Dusun Bambu, tempat wisata baru di Bandung
Menariknya, disini para pengunjung dapat memilih sendiri dengan leluasa ketika ingin menikmati Dusun Bambu Bandung ini di area bagian mana. Sebut saja namanya area Purbasari, saung yang berada di tepi danau buatan. Di tengah danau tersebut ada panggung ampitheater yang dijadikan area pertunjukkan seni dan budaya. Tidak lupa, terdapat sampan juga untuk Anda yang ingin melintasi danau.

Burangrang, hadir dengan konsep restoran dan kafe yang memiliki desain green arsitektur cantik. Terdapat juga Lutung Kasarung, sebuah tempat makan yang berada di atas pohon dan berbentuk seperti sarang burung yang terbuat dari bahan ranting.

"Beda tempat, beda sensasinya," kata PR Dusun Bambu Novita Febrianti. Makanan yang ditawarkanpun juga bervariasi, mulai dari makanan khas Sunda, Indonesia dan juga Internasional.
Dusun Bambu, Obyek wisata baru di Bandung
Dusun Bambu, Obyek wisata baru di Bandung
Memilih di area manapun, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Pohon yang menjulang tinggi, hamparan rumput dan kebun bunga, serta terdapat danau. Terdapat juga Pasar Khatulistiwa yang menyediakan berbagai macam hasil bumi seperti buah dan sayuran yang bisa dibeli oleh para pengunjung. Ada juga jajanan kuliner khas Sunda seperti Tahu Gejrot.

"Kami memiliki 5 buah unit villa untuk tempat menginap. Dengan Kisaran harga Rp 2-4,5 juta," kata Anti, begitu sapaan akrabnya. Diakui oleh Anti, rate penginapan yang ada di Dusun Bambu memang berada di atas rata-rata hotel ataupun penginapan di Bandung.

"Akan Tapi yang spesial disini, pada setiap kamarnya disediakan butler (pelayan) tersendiri. Dia akan siap untuk melayani semua kebutuhan para tamu. Selain itu, tamu yang hendak menginap juga akan mendapatkan jamuan seperti halnya bandrek, sekoteng atau mie tek-tek yang akan lewat pada sore ataupun malam hari di depan villa," tuturnya.
Dusun Bambu, tempat liburan baru di Bandung
Dusun Bambu, tempat liburan baru di Bandung
Masing-masing villa yang terdapat disini diberi nama sesuai dengan tokoh khas Sunda seperti halnya Sangkuriang atau Kabayan Iteung. Namun untuk yang tidak menginap di tempat ini tidak perlu merasa khawatir, karena Dusun Bambu masih dapat dinikmati. Seluruh area yang ada di Dusun Bambu selain villa masih dan tentunya makan dengan nuansa dan suasana yang berbeda. Untuk dapat masuk ke Dusun Bambu, masing-masing pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp 15 ribu.

"Dengan membayar biaya masuk, para pengunjung akan mendapatkan welcome drink yaitu sebuah minuman tradisional Lahang Jahe serta satu pohon untuk ditanam," tuturnya.

Pohon tersebut akan diberikan identitas para pengunjung seperti halnya nama, nomor telepon dan email. Nantinya, jika pohon sudah siap untuk ditanam, kemudian pengunjung akan diberitahu supaya menanamnya. Dengan mengusung konsep taman wisata keluarga, Dusun Bambu tidak seperti tempat wisata lainnya yang telah lebih dulu hadir.

"Kami memang tak ada wahana permainan seperti halnya ATV, flying fox dan lain sebagainya. Namun kami lebih menghadirkan wahana-wahana permainan yang lebih edukatif dan membuat anak-anak atau anggota keluarga menjadi lebih cinta dengan alam seperti halnya 'kaulinan barudak' contohnya panahan kayu," katanya.

Nama dari Dusun Bambu sendiri diambil karena areal tempat ini akan menjadi sebuah tempat konservasi bambu. Pada saat ini, baru ada sekitar 50 jenis bambu yang sudah ditanam di area Dusun Bambu, dan rencananya akan ditanam sampai 112 jenis. Disini Anda juga akan dapat melihat banyak sekali ornamen yang terbuat dari bambu seperti tugu, atap, sekat, pajangan, lampu dan hiasan.

Dusun Bambu di buka setiap hari mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Rasakan keindahan bercengkrama dengam alam di Dusun Bambu. Sensasi dari mendaki gunung, melintasi lembah, melihat aliran sungai ataupun menyusuri pematang sawah akan memberikan Anda banyak pengalaman yang menyenangkan. Dikutip dari travel.detik.com

Untuk Anda yang berminat ke Dusun Bambu secara rombongan, kami juga memiliki Rekomendasi paket wisata Rombongan ke Dusun Bambu Bandung dengan harga yang bervarias. Selamat Liburan!!sewa bus di Bandung

Subscribe to receive free email updates: